3 Contoh WhatsApp Marketing yang Terbaik Untuk Bisnismu

Dari sekian promosi secara digital, WhatsApp marketing terbukti menjadi salah satu teknik promosi yang kian digemari pebisnis online. Selain kita bisa terhubung dengan pelanggan, WhatsApp marketing juga menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan produknya ke pelanggan secara langsung melalui WhatsApp. Untuk memulainya, Anda perlu mengetahui contoh WhatsApp marketing yang tepat.

WhatsApp (WA) adalah aplikasi sosial media yang dikhususkan untuk bertukar pesan, melakukan panggilan video/suara, mengirim gambar, audio hingga file secara gratis. WhatsApp telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Maka tidak heran jika WA juga dilirik oleh banyak merek bisnis.

Dalam hal ini, WhatsApp juga berfungsi sebagai media untuk kegiatan bisnis seperti promosi atau jualan produk ke pelanggan. Inilah yang disebut WhatsApp marketing. Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan informasi mengenai WhatsApp Marketing hingga contoh WhatsApp Marketing yang tepat untuk bisnismu. Simak di bawah ini ya!

3 Contoh WhatsApp Marketing yang Terbaik Untuk Bisnismu

Apa Itu WhatsApp Marketing?

WhatsApp Marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan aplikasi WA sebagai media komunikasi untuk berinteraksi dengan pelanggan, mengirimkan pesan promosi memberikan layanan pelanggan, hingga membangun brand awareness. WhatsApp memiliki keunggulan sebagai alat pemasaran karena tingkat keterlibatan yang tinggi dan hampir semua pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone mereka.

Penting untuk memahami bahwa WhatsApp Marketing tidaklah digunakan untuk mengirim spam atau pesan yang tidak diinginkan. Pastikan Anda menggunakan pendekatan yang efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, membagikan konten yang menarik, dan menanggapi pertanyaan atau permintaan dengan cepat. Hal ini dapat menciptakan pengalaman yang positif dan membangun kepercayaan bisnis.

Mengapa Perlu Menggunakan WhatsApp Marketing?

Salah satu alasan mengapa WhatsApp Marketing itu penting yaitu karena dapat meningkatkan fungsi pemasaran digital melalui teknologi informasi dan komunikasi. Adapun untuk keperluan bisnis, Anda dapat memanfaatkan WhatsApp Business API.

Selain itu, tentunya ada beberapa alasan lainnya yang membuatmu perlu menggunakan WhatsApp untuk pemasaran bisnis online. Berikut 3 alasan penting tersebut :

1. Menjaring Lebih Banyak Pelanggan 

WhatsApp dikenal sebagai media komunikasi yang praktis dan efisien. Hal ini dapat membantu pebisnis mengirimkan pesan promosi lebih cepat. Sehingga WA bisnis bisa dibilang efektif untuk menjangkau, melayani, hingga menjaring lebih banyak pelanggan untuk memasarkan produk beserta detailnya melalui chat pribadi. 

2. Memudahkan Kegiatan Promosi

Setelah kedekatan pelanggan terbangun, Anda dapat membuat grup untuk mereka yang bisa juga diisi oleh ratusan orang. Di sana, Anda bisa berbagi informasi dan promosi yang lebih efektif. Itulah yang membuat WhatsApp lebih memudahkan kegiatan promosi bisnis. 

3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Melansir laman resminya, WhatsApp Business dapat mempercepat perjalanan pembeli. Salah satu alasannya, Tentu saja karena kita bisa menjaring banyak pembeli di WhatsApp sehingga peluang penjualan juga akan semakin banyak.

4. Memantau Sistem Pengiriman 

Banyak yang belum tahu bahwa WhatsApp juga dapat membantumu dalam memantau titik pengiriman secara live. Anda hanya perlu memanfaatkan titik koordinat lokasi, baik kepada kurir maupun pelanggan. 

5. Terhubung dengan Pelanggan Lebih Lama

Bukan hanya untuk pesan pribadi, WhatsApp juga bisa membuat kita terhubung dengan pelanggan lebih mudah. Meskipun WhatsApp diciptakan untuk membantu pengguna saling berkirim pesan, kita juga bisa mempertahankan prospek pembelian dari pelanggan sekaligus membangun pengalaman yang baik melalui WA Bisnis.

Contoh WhatsApp Marketing Untuk Bisnis Terbaik 

Melansir laman DelightChat, ada beberapa contoh WhatsApp Marketing yang tepat untuk digunakan saat promosi bisnis. Berikut 5 contoh yang bisa diikuti:

1. Peluncuran Produk Baru

“Halo guys, kami baru saja meluncurkan french press minimalis yang membantumu menyeduh kopi nikmat di rumah, lho. Eksklusif hanya buat kamu, dan kami banyak orang mencoba serta melibatkanmu untuk menikmati sensasinya!

Khusus pada momen peluncuran ini, ada diskon spesial sebesar 35% hingga 50% selama 7 hari ke depan! Tunggu apalagi? Jangan sampai kehabisan, stok terbatas. Kamu bisa beli sekarang di tautan ini (link tautan). Bahkan selama masa promo, ada gratis ongkir ke seluruh Indonesia!”

2. Penawaran Diskon Momen Tertentu

Selamat Hari Valentine! Ada promo manis nih untuk kamu dan kesayanganmu! Dapatkan diskon hingga 50% untuk setiap koleksi coklat dan buket bunga dengan minimal pembelanjaan Rp 200.000 saja!

Dapatkan juga gratis ongkos kirim, jika kamu memesan produk kami melalui Shopee. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan bungkus kado saat melakukan checkout secara GRATIS!”

3. Promo atau Diskon Lainnya

“Dapatkan gratis item A seharga 50 ribu untuk pembelian 100 ribu produk B”, “Buy 1 Get 1 Free”, “Free voucher diskon untuk pembelian 200 ml toner kosmetik A” dan masih banyak lagi kalimat WA marketing yang disukai oleh pelanggan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai WhatsApp Marketing dan beberapa contoh WhatsApp Marketing yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran digital. Dengan kreativitas dan pemahaman yang baik tentang audiens, WhatsApp dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mencapai tujuan pemasaran. Jadi, pertimbangkan untuk mengintegrasikan cara jualan online di WA ini untuk menghasilkan pemasaran bisnis yang optimal.

Related Posts

Algrafi

3 Drama Indonesia yang Sayang Buat Kamu Lewatkan

Industri hiburan tanah air terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari produksi berbagai film dan drama Indonesia yang kualitasnya bersaing dengan produksi luar negeri….

Menjelajahi Potensi Bisnis Kosmetik Maklon Kosmetik Bersama Indocare B2B

Menjelajahi Potensi Bisnis Kosmetik: Maklon Bersama Indocare B2B

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kosmetik mengalami pertumbuhan yang signifikan. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya perawatan kulit dan personal care, yang berimbas pada peningkatan permintaan produk skincare…

Cara Mengajukan Kartu Kredit BCA Online Untuk Pemula

Cara Mengajukan Kartu Kredit BCA Online Untuk Pemula

Rata-rata masyarakat di zaman sekarang lebih menyukai transaksi keuangan berbasis cashless dibandingkan dengan transaksi secara tunai, karena selain lebih praktis sebenarnya jenis transaksi semacam ini juga relatif…

Ide dan Tips Membuat Balkon Rumah Minimalis yang Nyaman

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap, salah satunya yaitu membangun balkon rumah impian. Mempunyai balkon adalah suatu keuntungan karena bisa dijadikan…

Jasa Penerjemah Online, Solusi Cepat dan Tepat untuk Kebutuhan Penerjemahan Anda

Jasa Penerjemah Online, Solusi Cepat dan Tepat untuk Kebutuhan Penerjemahan Anda

Dalam era globalisasi ini, komunikasi lintas bahasa menjadi semakin penting. Baik untuk keperluan bisnis, pendidikan, atau keperluan pribadi, kadang-kadang kita memerlukan layanan penerjemah yang handal untuk memastikan…

Tak Kalah Enak, Ini Cara Membuat Roti Gandum Homemade

Tak Kalah Enak, Ini Cara Membuat Roti Gandum Homemade

Roti gandum mempunyai cita rasa yang khas. Roti ini sangat cocok dinikmati bersama bahan-bahan lain, seperti mentega atau selai sebagai menu sarapan. Namun, orang lebih memilih untuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *